+ -

Selasa, Juni 12, 2012

10 aplikasi menarik di terminal linux


pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing aplikasi apa saja yang menarik
untuk digunakan dalam lingkup console (versi saya)


1. script [sudo apt-get install script]
aplikasi ini berfungsi untuk merekam semua aktifitas yang kita ketikkan pada terminal
dan menyimpannya kedalam bentuk file txt

2. tpp [sudo apt-get install tpp]
ini adalah aplikasi persentasi yang bisa dijalankan via terminal
tpp adalah singkatan dari text persentation program

3. vinetto [sudo apt-get install vinetto]
aplikasi atau tools forensic yang cukup mudah untuk digunakan
vinetto berfungsi untuk mengekstract file thumbs.db

4. ddrescue [sudo apt-get install ddrescue]
tools forensic atau backup ini akan kita perlukan jika terjadi kesalahan yang menyebabkan data
yang ada pada hardsik atau flashdisk terhapus secara tidak sengaja

5. ttyrec [sudo apt-get install ttyrec]
aplikasi ini memiliki fungsi yang mirip dengan script, namun dengan ttyrec kita bisa melihat secara interaktif
perintah-perintah yang di jalankan pada terminal secara berurutan.

6. aptitude [sudo apt-get install aptitude]
aplikasi ini adalah packet manager, memiliki fungsi yang hampir sama dengan "apt-get"
namun lebih mudah untuk kita gunakan.

7. moc [sudo apt-get install moc]
ini adalah alat pemutar music via console.moc merupakan singkatan dari "music on console"

8. mc [sudo apt-get install mc]
aplikasi ini adalah file manager berbasiskan console

9. finch [sudo apt-get install finch]
ini aplikasi chatting termasuk YM, yang berbasiskan console juga.,.


10. sqlmap [sudo apt-get install sqlmap]
tools untuk melakukan injeksi dan mapping pada sql query

dan masih banyak lagi yang lainnya...........heee...
saya tidak mungkin bisa menuliskan semua...silahkan sahabat-sahabat bereksplorasi sendiri,
untuk tutorial aplikasi yang saya tulis di atas, banyak di internet dan beberapa sudah saya tuliskan juga di blog saya ini..

regards : Rakhjib Martapianur

5 el faqih: 10 aplikasi menarik di terminal linux pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing aplikasi apa saja yang menarik untuk digunakan dalam lingkup console (versi saya) ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar...

< >